Suka Makan Shabu-Shabu? Ini Tipsnya Agar Bisa Mengkonsumsi Tapi Tetap Sehat

Shabu shabu grill sendiri adalah sebuah hidangan khas Jepang. Cukup sama dengan hidangan steamboat dari China, dimana akan ada beragam hidangan mentah yang direbus dalam kuah kaldu yang bermacam jenisnya. Hidangan mentah yang biasa digunakan adalah daging, seafood, makanan olahan misalnya ada aneka sosis, crab stick, fish cake, dan sampai bakso. Selain itu ada juga mie, telur, jamur, dan berbagai sayuran.

Beragam hidangan mentah tersebut nantinya harus anda masak sendiri dalam kuah yang sebelumnya sudah dipanaskan dahulu. Rasa nikmat dari kuah kaldu yang akan digunakan dalam shabu-shabu dan juga sensasi hangat kuahnya itu dapat anda gunakan menjadi penghangat tubuh ketika sedang musim dingin atau musim penghujan.

Selain itu, di beberapa tempat makan shabu shabu grill terdekat juga tersedia grill atau pemanggang bagi anda yang lebih suka hidangan yang dipanggang. Tapi jika anda suka keduanya, tentu hal tersebut akan menjadi kombinasi yang sangat cocok untuk dinikmati. Tapi, jika anda ingin menyantap shabu-shabu menggunakan cara yang sehat, ada lho beberapa tips yang bisa anda ikuti. Apa saja tipsnya? Ketahui dibawah ini

1. Jangan terlalu banyak menggunakan saus

Agar anda bisa tetap sehat ketika menyantap shabu-shabu, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah anda jangan terlalu banyak mencelupkan atau menggunakan banyak saus saat menikmatinya. Mengingat dalam berbagai macam satuanya terdapat banyak kandungan yang tidak terlalu sehat bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak.

2. Melepaskan kepala udang

Tidak hanya daging serta makanan olahan yang akan menjadi bahan pelengkap saat anda menyantap sajian shabu-shabu, seafood misalnya udang juga menjadi salah satu bahan pelengkap dari sajian tersebut. Memang benar jika udang dapat menambah kenikmatan dalam shabu shabu grill yang Anda nikmati, tapi perlu diperhatikan jika melepas kepala udang diketahui bisa menambah kolesterol. Jadi ada baiknya hanya tambahkan bagian tubuhnya saja dikarenakan bagian tersebut lebih mengandung protein dan juga zat besi.

3. Menghindari terlalu banyak makanan olahan

Selain itu, ada baiknya jika anda mengurangi makanan olahan. Makanan olahan ini diantaranya ada aneka sosis, bakso, crab stick, fish cakes, dan semacamnya. Dikarenakan menurut Reutens, makanan olahan tersebut akan menawarkan lebih sedikit nutrisi serta akan lebih kaya akan natrium nitrit yang adalah bahan pengawet, pewarna buatan, sampai penyedap rasa. Konsumsi Makanan olahan yang berlebihan pada shabu-shabu nantinya juga dapat berdampak buruk bagi tubuh anda. Salah satunya adalah bisa menyebabkan methemoglobinemia atau kelainan darah yang terjadi saat hemoglobin tidak dapat melepaskan oksigen secara efektif menuju jaringan tubuh.

4. Menghindari makan saat panas

Menyantap shabu shabu grill dengan keadaan yang hangat memang dikatakan nikmat dikarenakan dapat lebih menghangatkan tubuh. Tapi janganlah anda menyantap shabu shabu dalam keadaan panas dikarenakan bisa membakar lidah dan dapat membahayakan kesehatan. Penelitian pada tahun 2010 menunjukkan jika terdapat peningkatan risiko penyakit kanker esofagus dikarenakan terlalu banyak mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mempunyai suhu yang tinggi.

Leave a Reply