Penting Untuk Muslim, Berikut Trik Mencari Restoran Shabu Shabu Halal

Buat Anda penggemar makanan Korea, tentu memakan makanan Korea adalah sebuah impian. Namun, tahukah Anda di dalam makanan Korea terdapat beberapa bahan yang tidak halal atau mengandung babi. Nah, bagi Anda yang berkeinginan sekali memakan makanan tersebut, maka sangat penting untuk mencari informasi terkait restoran halal. Oleh karena itulah, terdapat beberapa trik mencari restoran shabu-shabu halal. Lantas, apa sajakah itu?

1. Tentukan Restoran yang Telah Bersertifikat Halal Dari Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Ketika hendak mengunjungi sebuah restoran sangat pentingnya Anda mencari informasi tentang restoran yang ingin Anda kunjungi terlebih dahulu melalui sebuah media sosial maupun website. Hal tersebut menjadi poin yang amat penting, bagi Anda yang beragama islam dan berkeinginan makan shabu-shabu halal.

Perlu diketahui bahwa restoran all you can eat atau korean grill yang telah bersertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), khususnya di negara Indonesia ini belum terlalu banyak. Meskipun, begitu terdapat banyak restoran yang mengklaim produknya tidak mengandung bahan berupa babi dan mengangkat tagline yaitu No Pork No Lard. Lantas, dengan tagline seperti itu, apakah sudahlah kehalalan dari restoran dapat terjamin dan dipertanggungjawabkan.

“No Pork No Lard” berarti restoran tidak menyajikan daging maupun lemak babi. Pada umumnya, daging yang disajikan yaitu seafood, sapi, maupun olahannya. Dimana, Seafood (ikan, udang, cumi, kerang, dsb) termasuk kedalam daftar bahan tidak kritis (positive list). Artinya, bahwa sudah dapat dipastikan halal tanpa perlu melalui serangkaian proses pemeriksaan halal. Hal ini akan berbeda jika seafood telah mengalami proses pengolahan, seperti dibuat bakso, crab stick, fish cake, dan seterusnya.

Bahan halal yang mengalami proses pengolahan tentunya sudah dicampurkan dengan bahan tambahan dan bahan penolong lainnya. Bahan inilah yang perlu ditelusuri kehalalannya. Jadi, pentingnya bagi konsumen untuk bersikap kritis terhadap segala sesuatu yang akan dikonsumsi maupun digunakan. Terlebih untuk konsumen muslim, halal dan haram adalah salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

2. Ketahui Bahan-bahan Makanan Restoran

Trik kedua, yang bisa Anda coba dan terapkan yaitu mengetahui informasi kandungan bahan-bahan makanan restoran tersebut. Hal ini juga menjadi trik yang sangat penting, agar Anda tidak salah makan. Dengan mengetahui bahan-bahan yang ada di dalam makanan, Anda menjadi tahu bahwa di dalam makanan tersebut benar-benar bahan yang halal. Jadi, hati merasa tenang dan tak ada keraguan lagi untuk menikmati makanan lezat tersebut. Anda bisa mengetahui menu tersebut halal atau tidak dari website maupun buku daftar menu restoran.

3. Ketahui Ulasan Pengunjung

Guna mengetahui apakah makanan shabu-shabu yang Anda makan halal atau tidak, yaitu dengan cara mengetahui dari ulasan pengunjung yang sudah pernah mengunjungi restoran tersebut. Dengan mengetahui ulasan pengunjung restoran, tentunya memudahkan Anda yang sedang kebingungan dalam mencari restoran shabu-shabu halal dan meyakinkan Anda tentang kebenaran informasi makanan yang hendak dimakan.

Nah, itulah beberapa trik yang bisa dicoba guna mencari restoran shabu shabu halal. Semoga informasi trik di atas bisa membantu Anda yang sedang kebingungan dalam mencari restoran dan merasa tidak yakin dengan restoran tersebut.

Leave a Reply