Panduan Lengkap Makan Shabu Shabu di Restoran

Untuk Anda yang baru pertama kali mengunjungi restoran, dan akan makan shabu shabu. Ada panduan yang perlu diperhatikan terlebih dahulu, sebelum akhirnya menyantap makanan khas Jepang tersebut. Lantaran aneka menu makanan yang ditawarkan dalam kondisi mentah. Anda akan memasaknya sendiri, secara langsung di meja makan.

Pilh jenis kuah shabu shabu

Tips makan shabu shabu yang pertama adalah tentang kuah. Umumnya kuah shabu shabu, terbuat dari ganggang laut dan kaldu ayam murni. Namun di beberapa restoran yang ada di Indonesia, seringkali menawarkan berbagai menu kuah pilihan. Jadi sebelum makan shabu shabu ada baiknya jika memilih jenis kuah yang disuka, atau ingin dicoba.

Minta tester kuah

Apabila Anda belum familiar dengan aneka kuah shabu shabu yang ditawarkan. Ada baiknya jika Anda meminta tester pada pelayan yang ada.

Pilih daging

Ketika Anda makan shabu shabu terdekat, biasanya pihak restoran menyediakan aneka macam jenis daging, seperti wagyu atau juga U.S beef. Selain itu ada juga pilihan daging ayam atau juga seafood yang dapat disantap. Adapun harga yang ditawarkan untuk masing masing jenis daging biasanya berbeda.

Memanaskan kuah

Adapun cara makan makan shabu shabu, yang pertama kali harus dilakukan adalah memanaskan kuah shabu shabu itu sendiri. Dalam hal ini pelayan akan meletakkan panci di atas pemanas atau kompor listrik. Sambil menunggu kuah mendidih, Anda dapat mulai memilih aneka isian shabu shabu yang akan dikonsumsi.

Tanyakan soal pemanas

Apabila Anda belum terlalu mengerti dengan cara memasak menggunakan pemanas atau kompor listrik. Sebaiknya cari tahu atau minta pihak pelayan untuk mengajarkannya untuk Anda.

Urutan memasak

Adapun tips makan shabu shabu berikutnya adalah memperhatikan bahan makanan yang cepat matang dan yang lama matangnya. Misalnya saja untuk sayur, Anda perlu memasak wortel, lobak, bakso an juga udang. Sedangkan jamur, cara memasaknya terbilang cepat. Jika dimasak terlalu lama, hasilnya jadi lembek.

Jangan terlalu lama memasak mie

Ada juga beberapa restoran yang menyajikan mie udon, cara memasaknya bukan dicelupkan ke dalam kuah, melainkan disiram menggunakan kuah panas. Sedangkan untuk bihun atau kwetiau, sebaiknya dimasak selama kurang lebih 15 detik.  Untuk daging sebaiknya masak selama kurang lebih 10 detik saja.

Celupkan ke dalam saus

Dalam panduan makan shabu shabu berikutnya, setelah daging dirasa matang kemudian celupkan ke dalam saus yang sudah Anda pilih sebelumnya. Atau bisa juga dengan meletakkan daging di atas nasi, dan kemudian disantap.

Habiskan makanan

Hampir semua restoran shabu shabu yang ada, menawarkan makan sepuasnya. Selain itu akan ada sanksi, atau denda jika ada konsumen yang tidak menghabiskan makanan yang sudah diambil sebelumnya. Itu artinya, Anda sebaiknya harus lebih bijak dalam memilih sayuran atau daging yang akan disantap.

Demikianlah beberapa tips atau panduan yang perlu diperhatikan, ketika akan makan shabu shabu di restoran.

Leave a Reply