Panduan Cara Makan Shabu-shabu yang Benar

Bagi Anda yang akan mencoba makan di resto shabu shabu terdekat untuk pertama kali, mungkin akan merasa bingung bagaimana cara memakannya dengan benar. Tidak perlu khawatir, pasalnya tata cara makan shabu-shabu cukup sederhana. Berikut  simak ulasannya.

1. Memilih Kuah Kaldu yang Disukai
Biasanya setiap restoran shabu shabu terdekat menawarkan beragam jenis kuah kaldu, mulai dari pedas, gurih, asin, dan manis. Anda bisa memilih lebih dari satu rasa kuah kaldu dan gunakan split pot agar bisa mencelupkan di semua rasanya.

2. Didihkan kuah kaldu
Jika sudah memilih jenis kuah, selanjutnya pelayan resto shabu shabu terdekat tersebut akan membawakan panci kaldu ke meja Anda. kemudian, masukkan kaldu dan masak dengan api sedang, tutup panci dan biarkan beberapa waktu sampai mendidih. Pelayan mungkin tidak akan menunggu hingga kaldu mendidih di meja Anda. Mereka biasanya akan balik ke dapur untuk mengambil daging dan sayuran.

Jika sudah mendidih, Anda kecilkan api untuk memasak. Apabila pelayan belum kunjung datang, lakukan secara mandiri untuk mematikan kompornya.

3. Hindari Minum Kuah Kaldu Langsung
Saat menunggu daging dan sayuran dibawa ke meja Anda, hindari meminum kuah kaldu. Selain akan dipandang aneh, persediaan kuah untuk memasak nanti akan lebih sedikit. Tak hanya itu, rasa kaldu pun bisa kemungkinan berubah jika meminumnya lebih awal.

4. Menambahkan Sayuran
Langkah selanjutnya, panaskan panci dan tambahkan sayuran ke dalam panci berisi kaldu. Masak cukup sebentar agar menambah rasa kaldu. Pada sayuran yang memiliki tekstur keras, seperti wortel tentunya akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak. Sedangkan, sayuran berdaun lebih cepat matang. Biasanya agar sayuran lunak dibutuhkan waktu sekitar 3 menit.

5. Masak Daging dan Seafood
Hal pertama yang perlu dihindari ialah jangan masukan daging secara langsung ke dalam kaldu. Gunakan sumpit/penjepit/sendok dan jepit daging, kemudian cukup dicelupkan ke dalam kaldu dan diaduk selama 10 detik. Setelah itu, segera angkat daging dari panci.

Jangan masak semua daging secara sekaligus. Anda cukup masak daging untuk satu  atau dua gigitan terlebih dahulu.

6. Menambahkan Dumpling 
Umumnya, tidak semua shabu shabu restaurant menyajikan dumpling. Namun, jika disajikan dumpling, Anda bisa memasaknya di dalam kaldu kurang lebih selama 5-9 menit. Pastikan untuk memasak dumpling lebih lama dari daging dan sayuran, karena di dalam dumpling memiliki isian yang masih mentah.

7. Keluarkan Daging dan Sayuran
Jika daging dan sayuran sudah matang, Anda bisa celupkan dalam saus yang disediakan. Biasanya, saus celup yang banyak disajikan, yaitu ponzu dan saus wijen. Anda juga bisa menikmatinya bersama dengan nasi.

Itulah, panduan cara makan shabu-shabu. Bagaimana, cukup sederhana bukan? Saat ini sudah cukup banyak resto shabu shabu terdekat yang tersedia, Anda bisa mereservasinya terlebih dahulu, agar bisa segera menikmatinya tanpa perlu antri.

Leave a Reply