Jenis – Jenis Daging Yang Cocok Untuk Korean Grill

Korean BBQ terdekat atau olahan daging panggang barbeque khas Korea in memang tengah menjadi bintang untuk saat ini. Banyak orang menyukainya karena memang cocok untuk disantap bersama-sama, baik dengan keluarga maupun sahabat. Pada setiap penyajiannya, Korean grill terdekat akan selalu menyertakan berbagai jenis potongan daging, baik itu ayam, sapi, sampai daging babi.

Bila dibandingkan dengan sajian serupa seperti di negara tetangga, misalnya China dan Jepang, sajian ini memiliki  ciri khas berupa protein hewani yang sudah dilakukan marinasi terlebih dahulu pada bumbu sebelum nantinya dipanggang satu per satu. Beberapa jenis daging yang sering disajikan pada Korean BBQ adalah:

1. Boneless Beef Short Ribs ( Galbi )
Ini adalah potongan daging iga sapi yang sudah diasinkan pada racikan bumbu kecap asin dan juga bawang putih. Selain untuk memperkaya cita rasa, teknik ini juga memiliki fungsi untuk melunakkan serat daging dengan tepat.

2. Ribeye Steak ( Deungsim )
Selain sering diolah menjadi steak, potongan daging sapi ini juga mempunyai pola lemak (marbling) yang menjadikannya sangat juicy dan juga lembut. Lemak ini juga yang digunakan untuk memasak daging sampai matang.

3. Pork Belly ( Samgyeopsal )
Perut babi atau pork belly ini sangat populer pada setiap sajian Korean BBQ terdekat. Jenis potongan ini mempunyai sekali lapisan lemak, sehingga sering dipotong dalam bentuk kubus. Hal ini juga memungkinkan lapisan lemak menjadi hangus, tetapi dagingnya masih tetap lembut dan juga gurih. Perbedaan tekstur dari lemak yang renyah ke daging juicy ini adalah yang bisa membuatnya sangat digemari oleh banyak orang.

4. Ayam Tanpa Tulang ( Dak galbi )
Biasanya jenis daging grill Korean BBQ ini diambil dari bagian dada maupun paha ayam yang diiris tipis – tipis, dimarinasi pada bumbu asin manis yang akan menciptakan karamelisasi ketika dipanggang.

5. Beef Sirloin Strip ( Bulgogi )
Potongan beef Korean BBQ sapi ini harus mempunyai tekstur selembut mungkin. Orang Korea umumnya akan mengolahnya dengan direndam menggunakan campuran bawang putih, jahe, bawang, gula, kecap, dan juga minyak wijen. Racikan bumbu tersebut nantinya akan membuat dagingnya beraroma harum sekaligus bertekstur lebih terasa lembut.

6. Beef Brisket Strips ( Chadolbaegi )
Khusus untuk daging sapi yang ada bagian ini umumnya akan dipotong sangat tipis, untuk lebih memudahkan dalam proses memasaknya. Karena mempunyai kandungan lemak yang cukup banyak, umumnya untuk irisan daging ini akan dibekukan terlebih dahulu sebelum disajikan, hal ini dilakukan untuk menjaga tekstur yang moist.

Agar bumbunya bisa meresap dengan baik potong dengan baik dan sempurna baru dilakukan marinasi pada bumbunya sehingga akan membuat daging Korean BBQ terdekat terasa lebih enak.

Leave a Reply