Hal – hal Yang Wajib Diketahui Ketika Pertama Kali Makan Shabu Shabu Murah Terdekat

Shabu-shabu merupakan salah satu makanan berkuah khas Jepang yang sangat populer di Indonesia. Anda dapat dengan mudah untuk menemukan banyak restoran shabu shabu murah terdekat dan tersebar di banyak kota Indonesia. Umumnya shabu-shabu dan grill terdekat terdiri dari berbagai bahan makanan, mulai dari daging yang diiris tipis, seafood, dan aneka sayuran segar.

Bahan-bahan tersebut disajikan dalam keadaan mentah kepada para pelanggannya. Anda harus memasaknya sendiri langsung di atas meja makan. Shabu shabu makanan ternyata tidak bisa dilakukan sembarangan, berikut ini adalah hal-hal yang harus diketahui.


1. Memilih Jenis Kuah Shabu Shabu 
Umumnya untuk kuah shabu-shabu ini akan terbuat dari ganggang laut maupun kaldu ayam murni. Ada beberapa restoran shabu-shabu murah terdekat di Indonesia akan menawarkan pilihan kuah dengan banyak jenisnya seperti tom yam khas Thailand, sup mongolia, kuah mala khas Sichuan, dll.

2. Mintalah Tester Kuahnya 
Jika Anda masih belum terasa familiar dengan rasa kuah yang nantinya akan dipilih, Anda terlebih dahulu dapat meminta kuah tester kepada pelayan restoran tersebut. Hal ini akan membuat Anda menjadi tahu dengan rasa kuah yang nantinya akan di pesan.

3. Memilih Daging 
Restoran shabu-shabu seringkali akan memberikan penawaran dengan berbagai macam jenis daging, seperti wagyu maupun U.S. beef. Ada juga pilihan untuk daging ayam maupun seafood. Biasanya restoran juga memberikan harga yang berbeda –  beda untuk setiap jenis daging yang nanti akan dipesan.

4. Panaskan Kuah 
Pada restoran shabu-shabu Anda nantinya akan diharuskan untuk memasak sendiri pesanan Anda. Pelayan akan meletakkan panci di atas pemanas maupun kompor listrik. Tunggulah kuah hingga mendidih sebelum mulai masaknya. Sambil menunggu, Anda terlebih dahulu bisa mengambil isian shabu-shabu yang sudah tersedia di meja prasmanan beserta pilihan sausnya.

5. Tanyakan Soal Pemanas 
Jika Anda masih belum merasa familiar dengan cara menggunakan sebuah pemanas maupun kompor listrik, jangan ragu untuk bertanya terlebih dahulu. Sebaiknya cari tahu bagaimana cara untuk menaikkan dan juga menurunkan suhu, mematikan dan menyalakan kompornya, tingkat panas yang paling tepat untuk memasak.

6. Perhatikan Urutan Memasaknya 
Memasak shabu-shabu tidak dapat dilakukan sembarangan. Ada beberapa bahan lama matangnya sehingga harus dimasukkan terlebih dahulu. Contohnya seperti sayuran seperti lobak dan juga wortel beserta bahan seperti bakso dan juga udang. Setelah itu, jika Anda mengambil jamur juga dapat memasukkan jamur. Jamur ini akan lebih cepat matang dan bila dimasak terlalu lama maka akan berubah menjadi lembek.

7. Jangan Terlalu Memasak Mie dan Daging 
Mie udon hanya harus disiram dengan kuah yang masih panas, bihun dan kwetiau harus dimasak terlebih dulu kurang lebih 15 detik. Sedangkan untuk daging sapi restoran shabu-shabu murah terdekat biasanya di iris sangat tipis, sehingga cepat matang pada saat direbus. Masak daging satu – satu kurang lebih 10 detik, jangan diamkan dalam kuah tidak terlalu lama supaya tidak terlalu matang dan kuah berubah keruh. Daging sudah siap dimakan ketika sudah berubah warna.

Leave a Reply