Aneka Menu Shabu Shabu yang Perlu Anda Tahu

Apabila Anda mengunjungi restoran shabu shabu, terutama bagi Anda yang baru pertama kali mengunjungi restoran tersebut, pastinya kebingungan, dalam memilih menu shabu shabu. Mengingat varian menu yang ditawarkan cukup beragam, ada baiknya jika Anda memilih sesuai dengan yang diinginkan.


Aneka jenis kuah shabu shabu

Kuah adalah menu shabu shabu, pertama yang sebaiknya diperhatikan. Di Jepang sendiri umumnya menyajikan 1 jenis kuah. Namun saat ini, di Indonesia menyediakan beragam kuah untuk menu shabu shabu yang ditawarkan.

Kuah shabu shabu yang paling umum, terbuat dari kaldu ayam murni yang dicampur dengan ganggang laut. Namun demikian ada juga jenis kuah lainya, seperti Tom yum dari Thailand, sup Mongolia, kuah Mala khas Sichuan, dan yang lainnya.

Aneka jenis daging

Selain kuah tentang menu shabu shabu, berikutnya adalah daging. Ada beberapa jenis daging yang ditawarkan untuk menu shabu shabu. Daging yang akan digunakan kali ini adalah daging sapi yang sudah diiris tipis, yang berasal dari wagyu atau U.S beef. Selain itu, ada juga beberapa restoran shabu shabu yang menawarkan daging ayam, dan juga aneka varian bakso.

Cara memasaknya adalah dengan mencelupkan daging tersebut selama 2 hingga 3 kali, baru kemudian celupkan ke dalam kuah.

Aneka jenis sayuran

Adapun varian menu shabu shabu lain, yang akan ditawarkan adalah menu sayuran. Jenis sayuran yang paling umum Anda temukan di shabu shabu, antara lain sawi putih, baby pokcoy, jamur shitake, dan juga jamur enoki. Ada juga yang menambahkan jenis sayuran lainnya, seperti wortel, lobak dan yang lainnya.

Untuk memasak sayuran tersebut, Anda sebaiknya mencelupkan sayuran tersebut ke dalam air panas. Tunggu hingga matang baru angkat,dan celupkan ke dalam kuah.

Aneka jenis seafood

Selain menyajikan aneka macam jenis daging, jenis menu shabu shabu lain yang juga sering ditawarkan adalah aneka jenis seafood. Beberapa ada yang dibuat secara terpisah, antara shabu shabu daging dan juga shabu shabu seafood, namun ada juga yang dicampur. Adapun jenis seafood yang umumnya ditawarkan antara lain udang, cumi cumi, crab stick bakso ikan dan yang lainnya.

Untuk jenis seafood tersebut, cara memasaknya kurang lebih sama dengan cara memasak sayuran, namun durasi memasaknya saja yang berbeda, atau dalam hal ini lebih cepat.

Menu tambahan

Selain beberapa menu yang sudah disebutkan di atas, ada juga beberapa menu tambahan lain yang ditawarkan oleh restoran shabu shabu, antara lain tofu, mie udon, bihun, atau juga kwetiau.  Untuk varian yang satu ini, Anda  dapat memilih atau bisa juga tidak memilihnya. Adapun cara memasak bahan tambahan ini terbilang tidak terlalu lama.

Demikianlah beberapa macam menu shabu shabu, yang tentunya dapat Anda pilih untuk disajikan pada meja makan kelak. Tentunya tidak sulit, jadi ketika Anda mengunjungi restoran shabu shabu, Anda jadi lebih mengerti akan menu apa saja yang akan dipilih kelak.

Leave a Reply