5 Kaldu Shabu-Shabu Paling Populer

Kaldu pada hidangan shabu-shabu tentunya menjadi hal penting. Pada restoran shabu shabu Jakarta Barat, biasanya tersedia beragam kuah kaldu yang bisa Anda pilih. Bahkan, Anda bisa memilih lebih dari satu varian kuah. Nah, agar tidak salah pilih kuah mana yang menjadi selera Anda, yuk simak kaldu shabu-shabu populer di bawah ini.

1. Kaldu Ayam Original
Kaldu ayam menjadi yang paling umum digunakan untuk shabu-shabu. Biasanya lebih dikenal dengan sebutan kaldu original. Warnanya putih dengan tekstur yang agak kental. Rasanya didominasi oleh gurih. Jika Anda menyukai rasa yang tidak terlalu kuat bumbu, maka kaldu ayam original ini bisa jadi pilihan.

Saat ini, beberapa restoran shabu shabu terdekat juga menambahkan kolagen di kaldu ayam agar memiliki tekstur yang lebih kental dan berwarna putih bersih. Kaldu ayam biasa tersaji di restoran shabu-shabu China, Jepang, dan Thailand.

2. Kaldu Mala Szechuan
Sesuai namanya, kaldu ini diadaptasi dari cita rasa kuliner yang ada di Provinsi Szechuan, China. Kaldu ini memiliki rasa yang pedas, karena menggunakan cabai kering yang berasal dari Szechuan. Tak hanya pedas, rasanya juga gurih cocok dihidangkan bersama daging kambing. Warna kuah ini ialah kemerahan dengan tekstur yang kental.

Biasanya juga di restoran shabu-shabu China, kaldu Szechuan biasa ditambahkan aneka rempah. Kuahnya mengandung minyak wijen, saus hoisin, kecap asin, acar plum, pasta bunga lokio, daun ketumbar, dan bahan lainnya.

3. Kaldu Japanese Dashi
Kaldu Dashi biasanya menjadi kaldu utama di restoran shabu shabu Jakarta Barat bergaya Jepang. Rasanya cenderung ringan, karena gurih yang sangat tipis. Hal ini karena kaldu dashi akan bercampur dengan daging dan sayuran. Selain itu, dashi juga biasa jadi pelengkap di dalam makanan berkuah lainnya.

Komposisi utama pada kaldu dashi ialah kombu atau rumput laut kering yang dicampur dengan katsuobushi. Bahan ini direbus sampai mendidih sebelum disajikan sebagai bahan rebusan shabu- shabu.

4. Kaldu Tom Yum
Kaldu satu ini biasa ada di shabu shabu restaurant Thailand yang biasa disebut Thaisuki dan sering dilengkapi dengan kuah kaldu tom yum yang asam pedas. Rasanya lebih dominan gurih, karena bahan bakunya menggunakan kaldu udang. Selain itu, kuahnya juga dimasak dengan beragam bumbu lain, seperti daun jeruk dan sereh. Supaya rasa kaldunya semakin kuat, biasanya ditambahkan campuran cabai dan air jeruk nipis.

5. Kaldu Gochujang
Kaldu Gochujang biasanya disajikan di restoran shabu-shabu Korea. Kuahnya menggunakan bumbu pasta gochujang yang memiliki aroma dan rasa khas yang sangat mudah dikenali. Gochujang memiliki rasa asam, karena fermentasi beras ketan dan bubuk cabai.

Itulah, berbagai kaldu shabu-shabu populer yang bisa menjadi pilihan Anda. Umumnya, tidak setiap restoran shabu shabu jakarta barat menyediakan sekaligus semua kaldu yang disebut di atas. Jika ingin mencoba kaldu yang diinginkan, pastikan bahwa restoran tersebut menyajikannya. Anda bisa bertanya atau melihat menu restoran yang tersedia di internet.

Leave a Reply